Pages

Senin, 15 Oktober 2012

Review + Tutorial : Snazaroo Special FX Kit

Halo Beauties!

Siapa yang udah siap-siap bikin planning untuk kostum Halloween tahun ini? ;)

Kebetulan nih, aku mau ngereview salah satu produk yang bisa kamu pake untuk bikin make-up Halloween kamu lebih WOW jadinya :D

Ceritanya nih kemarin waktu lagi nyari-nyari face painting Snazaroo di Gramedia aku nemu ini di rak-nya :


Tadaa!! Ini adalah satu set peralatan make-up untuk membuat efek khusus luka-luka seperti sayatan, sobekan, luka bakar dan lainnya.

Hii ngeri ya?

Sebelumnya aku ngga terlalu suka sama kostum Halloween yang ngeri-ngeri, pokonya kalo di Youtube paling anti sama tutorial Halloween yang horror-horror gitu, baru liat thumbnailnya aja udah merinding sendiri. Tapi akhirnya penasaran juga gara-gara liat packagingnya yang 'friendly' (?) sambil berharap moga-moga jadi ngga takut lagi. :)


Special FX Kit ini isinya antara lain:

A. Gel Blood 50ml

B. Cake Blood 2ml

C. Special FX Wax 18 ml

D. Spatula dan Spons berpori besar

E. Buku panduan membuat berbagai efek makeup

Item yang ada di Kit ini tersedia juga dalam ukuran full-size yang lebih besar. Makanya kit ini cocok banget buat pemula yang masih pingin coba-coba dulu, soalnya lebih ekonomis juga.

Kali ini aku mau ngereview sambil mempraktekkan salah satu tutorial yang ada di buku panduannya, yaitu Gashed Wounds/luka bacokan.

Oh iya, buku panduannya lumayan berisi koq, ada 24 halaman, isinya dari tutorial bikin luka sampe bikin makeup monster. Sayangnya di buku ini ngga dijelaskan secara detail tentang cara-caranya, hanya gambar step-by-step plus bahan yang digunakan aja.
 

Packaging special fx wax ini sangat kokoh, plastiknya tebal. Dibelakang kemasan ada informasi keamanan seperti tanggal kadaluarsa, usia pengguna yang disarankan, dll.

Waktu pertama aku ambil dari kontainernya teksturnya mirip sama lilin (gbr.a) hanya lebih
lembek, pas dipilin di jari ternyata teksturnya agak lengket kayak lem stick (gbr.b), tapi mudah disebarkan dengan rata tanpa menggumpal (gbr.c). Oiya, wax ini aromanya mirip roti gandum, jadi ngga mengganggu sih buat aku.


Pertama-tama ambil wax kurang lebih sebanyak 2 ruas jari kelingking. Sesuai tips di brosur baiknya ngga perlu banyak-banyak pake-nya supaya efeknya keliatan lebih nyata. Wax tadi kemudian dioleskan memanjang tidak perlu lurus dengan bagian tengah lebih tebal. Kalo di brosur sih di lutut, tapi kali ini aku praktekin di lenganku.

Setelah itu menggunakan spatula yang disertakan dalam kemasan, iris memanjang bagian tengah model wax yang sudah dibentuk tadi sehingga terlihat seperti kulit yang terbelah.

Udah deh. Habis itu tinggal diwarnai!


Nah ini dia swatches dari cake blood dan gel blood. Biarpun mirip sama darah asli tapi sama sekali ngga beraroma darah *yaiyalah* cuma ada sedikit bau cat yang buat aku sih ngga mengganggu.



Untuk pewarnaan yang digunakan pertama kali adalah cake blood. Cake blood ini semacam cat padat. Caranya dengan sedikit saja membasahi spons sebelum mengambil produk dari pan, kemudian totol-totolkan spons tadi ke area model wax. Hati-hati ya saat mentotolkannya, karena special fx wax-nya Snazaroo ini ngga didesain untuk mengering sepertinya, jadi dia lembek terus dan gampang berubah bentuk.



Setelah itu beri warna hitam di sekitar sayatan. Menurut panduannya sih mestinya pake face painting warna hitam, aplikasinya pake spons dan kuas. Tapi karena ngga punya akhirnya aku pake eyeshadow hitam aja, ditotol perlahan di daerah sayatan menggunakan kuas selain itu juga untuk menggelapkan bagian dalam sayatan.

Terakhir, gunakan gel blood langsung dari botolnya. Kepala botol produk ini didesain memiliki corong sehingga ga perlu khawatir kebanyakan pakenya. Cukup teteskan di sepanjang sayatan, dan kalo mau boleh ditotol-totol sedikit di area luka.


Whoah! Lumayan horror ya jadinya? >.<'

Sebelum kenal Special FX Kit dari Snazaroo ini aku kira susaaaah banget bikin efek luka kayak gini, tapi ternyata simpel banget dan menyenangkan! Pas ngerjainnya sama sekali ngga ngerasa takut atau gimana, eh pas lihat udah jadi-nya baru deh ngilu sendiri, hihihi.

Setelah 3 jam

Nah, sayangnya Special FX Wax-nya tetap lembek bahkan setelah aku pake selama 3jam. Jadi kesenggol dikit ya rusak deh tuh hasil makeupnya. Meskipun ini berarti wax ini akan mudah untuk dibersihkan. Kalo untuk Gel Blood dan Cake Blood dia lama-lama kering kayak darah beneran.

Snazaroo Special FX Kit ini aku beli di Gramedia harganya idr. 195ribu. Mahal sih, tapinya irit. Satu kit ini aku perkirakan bisa bikin paling ngga 10 luka yang sama, kalo kebetulan pesta kostum bisa patungan sama temen-temen kamu bikin efek yang beda-beda. :D

Produk ini bisa digunakan untuk anak-anak diatas 3tahun, disebutin udah FDA approved sih, cuman kalo kamu yang sensitif atau suka alergi disaranin tes dulu pake produk ini sedikit aja di sikut bagian dalam, kalo dalam 1jam ga ada reaksi apa-apa, monggo diterusin dandan-dandannya :)

Ya deh, langsung ke kesimpulannya:

Pro:

- Mudah digunakan.

- Mudah dibersihkan.

- Irit.

- Pigmented.

- Aromanya ngga kentara.


Kontra:

- Mudah rusak.

- Packaging Cake blood-nya kurang rapi dan ngga tertutup rapat.

- Buku panduannya kurang menjelaskan.

Okay, semoga review dan tutorial ini bermanfaat. Happy Halloween! :)



XO,

merilla.

5 komentar:

  1. woaaaa keren..!

    btw di semua gramed ada kah?

    belinya di gramed mana? ^____^

    bagus banget ya hasilnya walau kalo kesenggol rusak :p
    agak ngilu liatnya

    http://fleashion.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. waah hasilnya keren!! *ngilu deh liatnya #merinding
    tapi keliatannya seru juga ya buat ngerjain temen,apalagi klo lukanya di jidat or leher.hahaha *ide buruk ^_^;

    BalasHapus
  3. @Tia : aku waktu itu beli di Gramedia Bekasi, yang lain sih sepertinya ada :)
    @Dini : iya, kayak beneran...hahaha! moga-moga temennya ngga trauma-an ya :))

    BalasHapus
  4. ya ampuunn horoorr bangeet, tp pengeen beli buat bikin fake blood, tp slama ini nyari di gramed blm prn liad barang ini, tampakny hrs lebih telati lagi

    BalasHapus
  5. pengen coba :D buat bkin kaget orang rumah :D

    BalasHapus