Pages

Rabu, 24 Oktober 2012

Tutorial : Keriting Rambut Modal Kertas Bekas, Mau?

Bukan, bukan ngeriting rambut ke salon terus bayarnya pake kertas *apeu*

Tapi ngeriting rambut sendiri tanpa alat, tanpa panas dan tanpa mahal tentunya. Pake apa dong? pake kertas....*krik-krik*

Ya deh langsung aja ya ke tutorial. Ni dia bahannya:

Iyak! bahannya pake kantong kertas bekas yang aku gunting memanjang dengan lebar kurang lebih 3cm.

Oiya, teknik ini pertamakali aku liat di videonya Michelle Phan sekitar tahun lalu *lupa*, trus ternyata mama mertua aku cerita kalo dia udah pake cara ini dari jaman masih gadis *wadoh*. Kali ini aku mau bikin keriting curly bukan wavy kayak di videonya Michelle Phan, jadi perlu kertas lebih banyak supaya lebih rapet dan kecil-kecil jadinya.

Selain kertas kamu juga perlu sisir dan botol spray isi air. Kenapa coba? soalnya teknik ini dikerjakan harus pada rambut yang agak basah. Boleh sih kalo mau abis keramas juga, tapi aku tetep perlu botol spray ini soalnya ngerjainnya lumayan lama karena kecil-kecil, jadi rambutnya ada yang mulai kering, gitu.


Pertama-tama pastikan rambut tidak terlalu basah supaya kertasnya tidak mudah sobek. Lalu bagi rambut menjadi 3 bagian secara horizontal. Kerjakan mulai dari bagian bawah, sisanya diikat atau dijepit aja. Jangan lupa disisir dulu ya.

Habis itu ambil sedikit rambut, kalo aku sih perbagian rambutnya (yang tadi dibagi 3) bisa jadi delapan bagian kecil-kecil.

Lalu  ambil satu lembar kertas yang sudah digunting, lipat miring kemudian seret kebagian bawah rambut sekitar 5cm dari ujung rambut (gambar A). Gulung ujung rambut ke belakang (gambar B). Kemudian ke depan dan kebelakang lagi hingga ujung rambut habis digulung (gambar C).

Gulung rambut dengan cara memutar kertas ke arah dalam, terus hingga ke pangkal rambut. Atur supaya gulungannya cukup kencang tapi tidak menarik rambut (gambar D). Terakhir, ikat kedua ujung kertas sehingga gulungan tadi terkunci (gambar E). Mengikatnya boleh sekali atau dua kali dan harus hati-hati karena kertasnya bisa sobek.

Kerjakan terus bagian bawah hingga habis (gambar F). Lalu lanjutkan ke bagian tengah, pengerjaannya sama dengan bagian bawah (gambar G). Kalo sudah selesai terusin aja ke bagian atas, nah misalnya ada rambut yang udah keburu kering boleh kok disemprot lagi menggunakan air spray botol yang sudah disiapkan.


Nah meskipun udah pelan-pelan, teteeep aja ada kertas yang sobek waktu mengikat rambut (gambar H). Tapi gausah buru-buru dibuang, kertas ini bisa kamu pake untuk menggulung anak rambut yang lolos dari gulungan (gambar I & J).

Kalo udah kegulung semua jadinya gini nih:


 Lucu kan? Lumayan lah menghibur tetangga,...hahahaha.

Habis itu tinggal didiemin aja sampe bener-bener kering. Lama sih. Kalo aku sekitar 6 jam, dari jam 1 siang dibukanya jam 7 malam, atau kalo mau dibawa bobo aja. Aku juga sempet tidur siang, rasanya rada kagok tapi udah tidur mah ga kerasa *dasar aja kebluk* :D

Naah, kalo udah kering tinggal dibuka aja satu-satu gulungannya :


Sama kayak waktu ngegulungnya, aku mulai ngebuka dari bagian bawah supaya ngga ada yang kelewat (gambar K). Terus deh lanjut sampe kebuka semua, buka-nya yang sabar ya, ga perlu ditarik. Dan jadinya seperti gambar L. Kayak rambut Mus Mujiono deh perasaan, hahaha.

Kalo aku habis dibongkar langsung atur-atur lagi rambutnya sambil pake leave-on supaya keritingnya rada "rileks".


Ahahaha! Aduh jangan kaget gitu dooong, keriting ini emang sengaja aku bikin buat ngelengkapin make-up look aku yang tema-nya Edith Piaf, penyanyi legendaris asal Prancis (Tahun 2007 dibuat filmnya dengan judul "La Vie en Rose", pemerannya Marion Cotillard, inget?)

Kembali ke rambut, ternyata pas hari kedua keritingnya mulai turun, jadinya lebih ke wavy. Kalo hari ke-tiga rasanya udah gatel dan ga tahan pengen keramas, udah deh lurus lagi rambutnya.

Selain pake kertas kamu juga bisa kok pake kain handuk bekas yang digunting panjang-panjang, tapi ngegulungnya lebih susah dan mesti dibantu hairdryer pas ngeringinnya.

Aku suka banget ngeriting rambut pake cara ini, karena ngga pake bahan kimia atau panas. Volume keritingnya juga bisa diatur, tinggal banyakin atau kurangin jumlah rambut yang akan digulung perbagiannya. 

Kekurangannya ngerjain dan nunggunya lama terus cuma sementara aja keritingnya (iya lah ya).

Tapi cocok lah kalo buat kostum-kostum aja mah. Irit-daripada beli wig.

Ya deh, segitu aja ya tutorialnya ya beauties. Makasih udah nyempetin mampir sini. Sampai jumpa di tutorial berikutnya :)


XO,


merilla.

11 komentar:

  1. wahh aku jadi inget waktu SD SMP, suka banget maen2 keriting rambut kaya gini pake kertas atau pake batang daun singkong,eh pke sedotan jg pernah, hahaaa, kapan2 cobain lagi ah. kalo aku gak sabaran jd suka bentar didieminnya jdinya cepet ilang deh keritingnya, hebat banget km ampe ber jam2 gitu say dieminnya!

    my blog http://glitteryhoney.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. haha, makasiih...iyalah orang sambil molor, bangun2 kering...gyeheheheh :))

    BalasHapus
  3. ingenious!! love this trick. kaya balik ke jaman 50s 60s gituh ya. hihihihhi :)
    main ke blog ku juga yah.. BouncesAndCurls.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Itu kalau maunya gk kriting kriting bgt bisa sebentar aja ya ngebiarinnya, misalnya cuma 1-2 jam an???

    BalasHapus
  5. hayuk sebelum salah pilih gaya rambut dan bikin nyesel mending cari referensinya dulu :)

    BalasHapus
  6. kalo aku dulu pake besi di panasin trus di gulungin rambutnya jdi deh.. hehehee

    BalasHapus
  7. ingat dulu waktu jaman aku masih SD ngeritingin rambut pake batang kapuk

    BalasHapus
  8. Waduh... Abis baca ini jdi keingat wktu msih SD ska kriting rambut pke sedotan hahaha...

    BalasHapus
  9. keren banget tipsnya, gausa mahal2 beli curling iron jadinya deh hehe.

    BalasHapus