Pages

Sabtu, 12 Januari 2013

Tutorial : No Makeup Makeup Look

Hi Beauties!

Beberapa waktu yang lalu saya sempet bikin FOTD Babyskin. Disitu saya baru sadar kalo complexion yang flawless butuh pengerjaan yang lebih detail dan sepertinya banyak yang belum tau. Jadinya aku coba deh bikinkan tutorialnya :)

Sebelum meluncur ke tutorial kita bahas dulu nih ; Apa sih No-Makeup Makeup Look itu?

Yang jelas sih bukan berarti ngga pake makeup sama sekali. No-makeup makeup adalah tentang menggunakan makeup secara efektif. Tujuannya untuk menampilkan penampilan wajah yang sehat, segar dan ringan. Seperti sudah flawless meski tanpa makeup ; Effortless Beauty.

Meskipun kelihatannya natural dan mudah, justru buat saya look ini perlu waktu lebih lama untuk mengerjakannya karena lebih detail dan semua harus di-blend dengan sangat sangat baik.

Sebelum mulai sebaiknya kita amati dulu wajah kita dengan teliti, coba lihat deh apa yang ingin kamu koreksi dan apa yang ingin ditonjolkan. Untuk warna kulit lebih baik stay true to your real shade, yang penting kelihatan sehat. :)


Okay, mari kita mulai tutorialnya :)

Untuk complexion sebenarnya tergantung masalah kulit masing-masing, kulit yang masih muda dan flawless biasanya menggunakan BB cream atau face powder aja juga udah oke. Malah kalo pake foundation jadi terlihat berat dan ngga natural.

Nah, kalo saya sih punya beberapa masalah kulit antara lain pori-pori besar, discoloration dan sedang berjerawat. Makanya foundation dan concealer membantu banget untuk menyamarkan masalah-masalah tersebut.


1. Langkah pertama setelah pelembap dan lipbalm adalah menggunakan face primer. Fungsinya supaya hasil makeup lebih tahan lama dan waktu di aplikasikan mudah merata. Kita juga bisa pilih primer yang berfungsi mengurangi masalah-masalah di wajah.

Saya lagi suka banget sama Benefit Porefessional karena membuat pori-pori terlihat mengecil dan mengurangi kilap di wajah. Primer ini saya totol-totol di bagian yang bermasalah kemudian dibaurkan tipis saja ke sekitar wajah.


Untuk foundation selalu pilih yang sesuai warna kulit. Atau kalau warna kulit kamu ngga rata pilih yang sesuai warna paling cerah di wajahmu. Kali ini saya mencampur dua foundation yaitu Kevyn Aucoin SSE SX04 dan Revlon New Complexion 01 Ivory. Saya suka mencampur seperti ini karena warna yang didapat bisa lebih pas. Kekurangannya adalah makan waktu lebih lama dan shade yang dihasilkan tergantung mood. :D


2. Saya menggunakan foundation hanya di bagian wajah yang mengalami discoloration dan perlu sedikit highlight, antara lain kantung mata, garis senyum, dagu, dahi dan hidung (gambar 2.a).

Setelah itu baurkan -boleh menggunakan kuas atau jari- dengan berkonsentrasi di bagian yang saya sebutkan tadi hingga warna kulit terlihat lebih rata (gambar 2.b)

Oh iya, jangan lupa gunakan juga foundation di leher dan daun telinga kalau memang tidak sewarna dengan wajah dan sedikit di bibir sebagai base untuk lipcolornya nanti.


3. Kalau masih ada noda, bekas jerawat atau kantung mata yang membandel seperti saya *ambigu*, boleh dilanjut menggunakan concealer.

Disini saya menggunakan Benefit Erase Paste shade Medium. Hati-hati ketika menggunakan concealer, karena kalau terlalu banyak malah kelihatan aneh terutama di bagian kantung mata. Tambah sedikit-sedikit saja lapis per lapis, masih menyisakan sedikit bayangan ngga apa-apa, hasilnya seharusnya terlihat wajar dan natural.

Sedikit tips untuk pengguna concealer bentuk pasta/cream/gel : gosok-gosok ujung jari hingga terasa hangat sebelum mengaplikasikan concealer menggunakan jari supaya lebih mudah di-blend.


4. Gunakan bedak transparan di bagian wajah yang kamu rasa kelewat mengkilap. Tapi jangan banyak-banyak ya. Supaya kelihatan seperti kulit kamu sendiri.


5. Rapikan alis menggunakan sikat alis atau mascara wand (gambar 5.a). Kemudian isi ruang kosong di alis menggunakan brow powder atau eyeshadow matte warna coklat keabuan (gambar 5.b).

Kalau mau pake brow pencil juga bisa, tapi buat aku hasilnya lebih natural kalo menggunakan brow powder+kuas.


6. Untuk no-makeup makeup look hanya gunakan eyeshadow dengan finishing matte. Saya menggunakan MUA Palette Glamour Days untuk tutorial kali ini. Pinkish shade di seluruh kelopak mata (gambar 6.a) dan sedikit di bawah waterline (gambar 6.b). Lalu saya menegaskan lipatan mata menggunakan warna coklat tua-keabuan tipis saja, kemudian di blend semuanya (gambar 6.c).

Kenapa sih dari tadi kok coklat keabuan terus? Iya, supaya mendekati warna bayangan di wajah. Kalo kita perhatikan warna coklat di eyeshadow punya undertone yang berbeda-beda. Tapi jangan khawatir, biasanya kalo di palet non-pro coklatnya netral, saya hanya perlu mencampurnya dengan sedikit eyeshadow abu-abu.


7. Move on to tightlining your upper waterline. Disini saya menggunakan eyeliner hitam dari MakeOver. Gunakan di sepanjang waterline atas dan diantara bulu-bulu mata untuk mendefinisi mata secara natural dan membuat kesan bulu mata lebih tebal. Tightlining menghasilkan perubahan kecil tapi pengaruhnya besar, kita bisa lihat perbedaannya antara mata kanan dan kiri di foto (7) yang ke-dua.

Untuk eyeliner, silahkan cari eyeliner yang waterproof dan smudgeproof, kecuali kamu rela touch-up berulang-ulang. Saya menemukan bahwa kalo tightlining di waterline atas itu lebih mudah smudgingnya, kenapa ya? Apa karena gravitasi? ini misteri. :))

Saya ngga menyarankan produk yang saya pake kali ini soalnya berkali-kali pake bleber terus, udah gitu mudah patah. :(


8. Kemudian gunakan penjepit bulu mata (gambar a).

Lalu gunakan maskara dengan gerakan zigzag supaya tidak ada maskara yang menggumpal, kalau terlanjur ada yang menggumpal kamu bisa menggunakan sikat bulu mata atau mascara wand yang bersih untuk meratakannya. Aplikasikan 1-2 coat saja (gambar b).

Gunakan juga maskara di bulu mata bawah secukupnya (gambar c). Maskara favorit saya adalah the Falsies dari Maybelline.


9. Untuk Blusher saya lebih suka menggunakan cream/gel blusher. Blend di punggung tangan kemudian tepuk perlahan di pipi. Mau pake bronzer atau highlighter juga bisa, kuncinya gunakan secukupnya dan blend it well.


10. Terakhir adalah lipcolor. Untuk bibir saya mencampur sisa blusher di punggung tangan tadi dengan lipgloss bening dari PAC. Untuk no-makeup makeup sebaiknya beri sedikit warna di bibir supaya segar, hindari lipstik nude.

And We're Done! :D ini dia foto before-after make up.


Dan ini foto-foto *uhukk* tambahannya :)


Sekian tutorial kali ini. Selamat mencoba ya girls! -or boys maybe?-

Tutorial ini bisa kamu baca juga di Looxperiments.com

xoxo,

Merilla.

16 komentar:

  1. ka bagus banget no make up make upnya >.< aku juga bermasalah sama discoloration huhuu

    btw I'm your new reader!! salam kenaaall :)

    mels at pandapavillon.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Hallo, Merilla!

    Nice tutorial. JAFRA agree, non make up-make up itu dewanya make-up :D
    Anyway, JAFRA punya artikel yang mungkin berguna buat kamu, ttg make up kadaluarsa. Pasti penting banget kan mengetahui tanda-tanda kadaluarsa pada make up :)

    Please kindly check it on:
    http://jafraindonesia.blogspot.com/2013/02/yang-bersembunyi-dalam-kosmetik.html

    atau
    http://jafraindonesia.blogspot.com/2013/02/tak-perlu-menunggu-hingga-kosmetik.html


    Bunch of kiss,
    JAFRA Indonesia
    @JAFRAindonesia
    FB: JAFRAindonesia
    Blog: www.jafraindonesia.blogspot.com

    BalasHapus
  3. ahihi iya apalagi yang namanya make up gapernah lupa bawa ditas :)

    BalasHapus
  4. wow... hasilnya jadi agak glowy ya sis...
    cantik :)
    salam kenal yaaa

    BalasHapus
  5. Eh sekarang juga ada yang baru loh.. celana dan kaos kaki bergabung, jadi deh legging wudhu pelangi... tanpa ribet lepas pasang kaos kaki saat wudhu. nih klik aja link nya
    Legging Wudhu Pelangi

    BalasHapus
  6. Thanks sharingnya yaaa...
    Makin cantik sehat terawat deh^^

    yuk main ke blog aku juga, Sist

    http://ichigokobayuchi.blogspot.co.id/

    Join atau tanya JAFRA Bandung, Sumsel, Palembang, Geumbang, Indralaya, Prabumulih, Muara Enim kontak saya yaaa...

    Dimana aja bisa #tanyaJAFRA :)
    Kami siap membantu (JAFRA Consultant)

    LINE: @ddd9811y
    BBM: 58957245
    WA: +6282177709427

    BalasHapus
  7. Nice
    Aku bikin youtube chanel di entry post kumyblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.youtube.com/channel/UCXvbnbdkStcsmVpr-54CE0Q

      Hapus
  8. silahkan berkunjung di blog http://stefanigrecia.blogspot.co.id/,, ada review-review make up

    BalasHapus
  9. bagi kamu yang kebingungan untuk cari make up artist, cobain yuk booking make up artist dari www.hellobeauty.id

    ada ratusan high quality make up artist yang terdaftar!

    BalasHapus
  10. bantu vloger 1 ini dong https://www.youtube.com/channel/UCXvbnbdkStcsmVpr-54CE0Q
    jangan lupa klik langganan ( gratis),like,dan share video2nya yaa .ttep support vlogger indonesia :)

    BalasHapus
  11. Bgus bnaget say make up nya. Rapih dan halus gtu.. aku jdi pengen coba nh.. cara pesan produk nya gmna ya sis??

    BalasHapus
  12. cantik, saya cari Firmax3 Cream, eh ketemu ini, ternyata reviewnya cukup menarik, penasaran saya jadinya, mau

    BalasHapus